“Selingkuh”, menurut pendapat saya, yaitu menjalin hubungan dengan orang lain, tanpa sepengetahuan pasangan, apakah itu masih berstatus “pacaran”, maupun sudah berstatus “suami istri”. Selingkuh sebenarnya bukan tindakan yang baik dalam hubungannya dengan usaha untuk menjaga keutuhan dan harmonisme sebuah hubungan. Tetapi aktivitas selingkuh ini sering terjadi di masyarakat. Apa penyebabnya?

Dalam artikel berikut ini, saya akan mencoba memberikan beberapa alasan seseorang melakukan selingkuh. Dan tugas anda adalah memperbaiki hubungan anda dengan pasangan anda, sesuai dengan alasan yang —menurut anda— paling dominan menyebabkan pasangan anda selingkuh.

  1. Kurang Dihargai
    Dalam sebuah hubungan, keakraban dan rasa sudah saling mengenal begitu dalam, kadang membuat pasangan tersebut melupakan arti penghargaan terhadap lawan jenisnya. Tidak adanya penghargaan terhadap pasangan yang terus menumpuk, akan menumbuhkan rasa tidak berharga dalam diri pasangan anda. Kemungkinan ia akan tetap bisa bertahan dengan anda, tetapi jika dia mendapatkan penghargaan dari orang ketiga, itu akan sangat membahayakan bagi keutuhan hubungan anda.
    Saran saya, baik pasangan muda, maupun yang telah berumah tangga, belajarlah untuk terus memberikan penghargaan terhadap pasangan anda, meskipun hanya dengan kata sederhana, “terima kasih, Sayang!”
  2. Kehilangan Harapan
    Alasan karena “Kehilangan Harapan” ini pada umumnya terjadi pada wanita, karena dalam sebuah hubungan, seorang wanita akan terus mampu bertahan dengan pasangannya, selama ia masih memiliki harapan. Dikatakan pula bahwa, “Wanita hidup dari harapan”. Karena itulah, pria harus bisa terus memberi harapan pada pasangannya. Berikan keyakinan bahwa apa yang dia inginkan pasti akan terwujudkan. Namun demikian, permasalahan kehilangan harapan ini juga bisa saja terjadi pada pihak laki-laki. Jadi, secara keseluruhan, dalam menjalin hubungan, baik pacaran maupun perkawinan, jangan sampai salah satu dari pasangan kehilangan harapan.
  3. Dapat Kesempatan
    Keinginan untuk menjalin hubungan dengan orang lain pasti ada dalam diri masing-masing individu pada sepasang kekasih, terutama ketika melihat adanya keunggulan atau kelebihan yang dimiliki oleh orang ketiga. Kesempatan untuk selingkuh sebenarnya bisa datang kapan saja, tetapi karena dua point sebelumnya (Penghargaan dan Harapan) masih dia rasakan, maka dia tidak akan pernah berpikir untuk selingkuh. Oleh sebab itu, selain terus berusaha menghargai pasangan dan tak henti memberi harapan, hal lain yang tidak boleh ditinggalkan dalam menjaga keutuhan hubungan adalah “Jangan beri kesempatan untuk selingkuh!” Ada yang mengatakan, “Jangan lakukan 3 hal pada laki-laki: (1) Jangan dipancing (2) Jangan disuruh (3) Jangan dilarang” ….😆
  4. Mencari Kepuasan
    Alasan selingkuh hanya untuk sekedar “mencari kepuasan” terdengar sangat riskan dan sekaligus sangat nakal. Tetapi begitulah! Kepuasan memang bagian dari kebahagiaan, dan tujuan utama terjalinnya sebuah hubungan adalah mencari kebahagiaan dan kepuasan bathin. Anda juga sebenarnya bisa saja menciptakan kebahagiaan dalam jalinan hubungan anda, jika anda terbuka dan mau mengerti dengan arti kebahagiaan dan kepuasan pada pasangan anda. Namun demian, anda jangan menjadi bodoh karena perasaan cinta dalam diri anda, sehingga anda mau melakukan apa saja demi memberikan kepuasan pada pasangan anda. Ujung-ujungnya, andalah yang mungkin akan selingkuh karena alasan mencari kepuasan ini.
    Ingatlah bahwa, “Kepuasan tidak dicari dari pasangan, atau diberi untuk pasangan, tetapi diciptakan bersama pasangan.”
  5. Memenuhi Kebutuhan
    Masalah pemenuhan kebutuhan, berbeda dengan pemenuhan keinginan. Keinginan tidak terpenuhi, masih bisa diberi harapan, tetapi jika kebutuhan tidak terpenuhi, dan anda tetap berpikir untuk mempertahankan hubungan anda, maka selingkuh adalah jalan yang mungkin akan diambil oleh pasangan anda untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Jadi, ada satu hal yang perlu diperhatikan, bahwa dalam sebuah hubungan, juga ada hak dan ada kewajiban.

Sekarang saatnya anda introspeksi diri, dan perbaiki hubunganmu dengan pasangan secepatnya, sesuai dengan alasan selingkuh yang mana, yang lebih dominan terdapat pada diri pasanganmu…

About Ibu Verra

Aku seorang Ibu rumah tangga yang bangga menjadi seorang Ibu untuk anakku, seorang istri untuk suamiku, dan seorang wanita bagi semua orang. Aku dulu seorang perawan, tetapi dalam sekejap semua hilang, ketika aku merelakan hidupku untuk mendampingi suamiku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s