Selaput Dara atau yang sering dikenal dengan sebutan hymen adalah suatu lipatan selaput lendir yang menutupi pintu liang senggama (introitus vagina), bentuknya biasanya bulat sebagaimana bentuk liang vagina, tetapi ada juga yang seperti bulan sabit (Bentuk semilunar), bahkan ada yang mempunyai Septum (pemisah). Konsistensi selaput dara pun berbeda-beda ada yang kaku sampai yang lunak sekali, letaknya hanya sekitas 1-2 CM dari bibir vagina lubang selaput dara yang masih utuh umumnya hanya dilalui oleh jari kelingking.(1)

Selaput dara (Hymen) telah lama dijadikan tanda keperawanan wanita. Kepercayaan yang mengatakan bahwa karena selaput dara menghalangi bagian depan vagina, maka harus tetap berada di situ selama wanita tersebut tidak melakukan hubungan seks sangat dibesar-besarkan, terutama dalam kebudayaan di mana keperawanan wanita sangat di hargai. Namun merupakan fakta ilmiah bahwa selaput dara dapat terpisah karena alasan alasan yang tidak ada hubungannya dengan hubungan seksual. Selaput ini dapat terkoyak bila tubuh diregangkan secara berlebihan. Selaput dara yang tidak utuh bukan merupakan indikasi pasti pernah melakukan hubungan seks. (2)

Umumnya selaput dara robek ditandai dengan keluarnya darah. Tapi sebagian kecil wanita justru tidak mengeluarkan darah, ini di sebabkan karena sesungguhnya selaput dara itu sangat sedikit mengandung pembuluh darah. Biasanya semakin tipis selaput dara, darah yang keluar juga sangat sedikit sehingga tidak kelihatan.

Beberapa selaput dara cukup elastis untuk mengizinkan penis masuk tanpa merobek, atau hanya merobek sebagian kecil dari selaput dara.(3) Resiko robeknya lapisan hymen lebih dipengaruhi oleh permisivitas vagina terhadap penis atau benda lainnya yang memaksa masuk ke rongga vagina. Permisivitas vagina sangat dipengaruhi oleh aspek kesediaan vagina menerima masuknya penis yang pada umumnya disebabkan oleh rangsangan atau keinginan dari wanita untuk melakukan hubungan seksual.

Ada atau tidak adanya selaput dara bukan merupakan indikasi keperawanan seorang wanita. Tak seorangpun dapat menentukan dengan pemeriksaan fisik sendiri apakah seorang wanita atau remaja telah melakukan hubungan seks lewat vagina. Hanya sekitar 50% dari remaja dan wanita mengalami pendarahan pada saat pertama melakukan hubungan seks. (4) Hymen pada dasarnya adalah selaput lendir yang mengelilingi lobang di bawah bibir dalam vagina (labia monora). Lobang yang dikelilingi oleh hymen memang sangat kecil, sehingga kemungkinan selaput itu robek pada saat penis memaksa masuk ke lobang vagina akan sangat besar. Tetapi elastisitasnya juga memungkinkan penis melewati selaput lendir hymen tanpa merusaknya, terutama pada saat terjadi permisivitas vagina atau terjadinya rangsangan pada wanita yang membuat vagina secara otomatis bereaksi dan memberikan izin pada sesuatu yang memasukinya.

Dalam pandangan umum, keperawanan seorang wanita ditandai dengan keluarnya darah dari vagina pasca melakukan hubungan seks pertama. Anggapan tersebut boleh jadi benar, tetapi di sisi lain, terjadinya pendarahan karena robeknya lapisan hymen adalah bukti gagalnya hubungan seksual tersebut, karena masuknya penis ke lobang vagina, tidak mampu memberikan rangsangan atau permisivitas pada vagina.

About Ibu Verra

Aku seorang Ibu rumah tangga yang bangga menjadi seorang Ibu untuk anakku, seorang istri untuk suamiku, dan seorang wanita bagi semua orang. Aku dulu seorang perawan, tetapi dalam sekejap semua hilang, ketika aku merelakan hidupku untuk mendampingi suamiku.

2 responses »

  1. Mala mengatakan:

    Bagaimana cara perempuan perawan mengendalikan laki-laki saat melakukan hubungan suami istri dengan maksud tidak ingin selaput dara robek?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s